Fasilitas
Unit
Rabu, 23 September 2015 10:01:49 WIB Dilihat : 1797 kali

Memindah Garis Footnote ke Kanan dalam MS Office 2007

Oleh : Muhammad Jafar Shodiq
Pada waktu kita menulis dengan menggunakan bahasa Arab dan membuatfootnote, garis pembatas antarafootnotedengan tulisan di atasnya(footnote separator)muncul di sebelah kiri.Padahalmenulis Arab berbeda dengan menulis latin, menulis Arab dimulai dari sebelah kanan sementara menulis latin dimulai dari kiri. Bagaimana cara memindahkangarisfootnotesupaya beradadi kanan? Berikutini langkah-langkah dalammemindah garisfootnote:
1.Merubah tampilan dalam bentukdraft.
Caranya pilih kolomviewdi bagian atas jendela world, setelah itu pada bagian kiri akan muncul lima pilihan layout.Print layout(ini tampilan default),full screen reading,Web Layout, OutlinedanDraft. Kita pilih draft, tampilan akan tampak seperti ini.
2.Memunculkanfootnote separator.
Untuk memunculkanfootnote separatorkita pilih kolomReferencesselanjutnyapada kolomfootnoteskita pilihshow notes.Akan muncul tombolfootnotesdibagian bawah, tampilan akan berubah seperti ini:
Pada tombolfootnotespada All footnotes kita ganti denganfootnote separator.
Garisfootnoteakan muncul sekarang. Seperti dalam gambar di bawah ini:
3.Memindahkan garisfootnote separator.
Untuk memindahkan garisfootnote separatorarahkan kursor ke garis, kemudian pilih kolomHomedan pada bagian paragraph pilihalign text to right (control+r). Maka kemudian garis akan berpindah ke kanan, seperti gambar berikut ini:
4.Mengembalikan teks seperti semula.
Untuk menampilkan supaya teks kembali seperti semula, kita tinggal memilih tampilanPrint layoutyang ada pada kolomview.Sekarang kita cek garis footnote, sudah berpindah ke kanan.

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom