Fasilitas
Unit
Selasa, 19 Desember 2017 17:38:49 WIB Dilihat : 152 kali

Senin (18/12/17)
Dalam rangka menyemarakkan Hari Bahasa Arab Internasional, Mahasiswa dan Dosen jurusan Pendidikan Bahasa Arab -PBA-, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, mengadakan acara pementasan keterampilan-keterampilan Bahasa Arab di Pendopo LKIS, Jl. Pura No. 379, Banguntapan, Bantul.
Pementasan ini diikuti oleh Mahasiswa PBA angkatan 2016 dan beberapa dari angkatan 2014 serta 2015. Khususnya yang mengikuti mata kuliah Al Istima' wa Al Kalam.

Salah satu dosen pengampu mata kuliah Al Istima' wa Al Kalam yang mendampingi acara tersebut, Bapak Nurul Huda, mengatakan : "Selain momennya bertepatan dengan Hari Bahasa Arab Internasional dan pengambilan nilai UAS mata kuliah Al Istima' wa Al Kalam. Kami mengadakan acara ini dengan tujuan mengetahui bakat dan minat mahasiswa PBA serta menunjang kecakapan mahasiswa dalam berbahasa Arab. Karena tentunya, mahasiswa PBA memiliki potensi lain yang harus terus digali sebagai nilai plus kompetensinya saat menjadi seorang guru Bahasa Arab kelak. Seperti yang tadi bisa kita lihat. Mahasiswa menampilkan keterampilan-keterampilannya seperti Taqdimul Qisoh, Ghina' Al 'Arabi, Syi'ir, Qiro'atul Kutub, bahkan Hifdzhul Kitab Imrith.Dengan melihat penampilan-penampilan ini, kami, Dosen, menjadi lebih mudah dalam mengarahkan mahasiswa agar berkembang sesuai minat dan bakatnya."

Dosen Istima' wal Kalam yang lain, Bapak Muhammad Jafar Shodiqsangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau mengatakan bahwa belajar bahasa Arab sejatinya jangan hanya mengandalkan pembelajaran di kelas, karena waktunya yang terbatas.Belajar bahasa, apapun itu perlu dipraktekkan, bukan hanya dipelajari secara teoritis. Selanjutnya menurut Bapak Agung Setyawan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa kegiatan seperti ini perlu terus digalakkan, jangan hanya dilakukan karena tugas saja.

Acara ini berlangsung meriah, sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB. Aulia Akbar Rahmatullah, mahasiswa PBA 2016 yang juga terlibat dalam membantu mengadakan acara ini berharap, acara ini bukanlah yang terkhir bagi mahasiswa. Tapi sebuah awalan."Dengan memperlihatkan potensi-potensi kami sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, kami berharap adanya dukungan dan dorongan dari fakultas dan jurusan untuk mengembangkan potensi kami, serta adanya fasilitas seperti diadakannya kegiatan-kegiatan yang serupa, atau dibentuknya kelompok-kelompok kecil, sesuai dengan bakat dan minat kami." tambah Aulia Akbar.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom